Apa itu Pemasaran Blog?

shares |

Menarik pelanggan baru adalah proses bisnis yang penting untuk mencapai pertumbuhan yang stabil. Seiring berjalannya waktu, dengan munculnya teknologi internet baru, pendekatan pemasaran telah berubah.

Banyak orang lebih suka pergi online untuk mencari jawaban dan belajar lebih banyak tentang topik tertentu. Oleh karena itu, blogging dan media sosial telah menjadi metode pemasaran digital terpopuler tahun ini. Jika dilakukan dengan benar, bisa membawa hasil yang menakjubkan. Kami akan membahas beberapa taktik pemasaran blog yang teruji dan benar dalam artikel ini.

Tapi sebelum kita melanjutkan, mari kita lihat definisi pemasaran dan lihat bagaimana blogging sesuai dengan semua ini.

Apa itu marketing

Proses pemasaran melibatkan usaha bisnis untuk menjangkau sebanyak mungkin orang. Hasil dari strategi pemasaran yang dipikirkan dengan baik harus menjadi jumlah pelanggan yang lebih tinggi. Ini memungkinkan bisnis tumbuh, meningkatkan keuntungan, membangun brand recognition dan memberi nilai pada kliennya.

Tidak masalah seberapa bagus layanan atau produk Anda, penting untuk menempatkan diri Anda pada posisi agar lebih mudah ditemukan. Itu adalah fungsi pemasaran yang paling penting. Ini menempatkan Anda di depan mata orang, membuat pertumbuhan bisnis stabil dan lebih cepat.

Definisi pemasaran blog

Selama bertahun-tahun, berbagai jenis strategi pemasaran online telah muncul. Salah satu metode yang lebih populer adalah blog marketing. Pendekatan yang hadir dengan beragam manfaat dan memanfaatkan berbagai mesin pencari seperti Google dan Bing.

Pemasaran blog mencakup pembuatan konten tekstual, audio atau video di blog situs web Anda. Ini adalah praktik yang memiliki dampak langsung pada kemampuan untuk menemukan merek.

Saat seseorang mencari secara online, situs web yang menawarkan konten berkualitas yang terkait dengan frasa yang diketik ke dalam bilah penelusuran akan muncul di hasil teratas. Ini memungkinkan merek meningkatkan visibilitas dan lalu lintas mesin telusur mereka.

Metode pemasaran ini bisa sangat berhasil, karena banyak perusahaan telah menggunakannya untuk memperbaiki bisnis mereka.

Seperti semua metode pemasaran, pemasaran blog hadir dengan pro dan kontra.

Pro pemasaran blog

Pemasaran blog adalah strategi jangka panjang. Bila dilakukan dengan benar, ini adalah metode pemasaran yang sangat efektif yang membawa hasil yang luar biasa. Berikut adalah pro utama pemasaran blog untuk bisnis Anda:

Lalu lintas organik meningkat ke situs web Anda. 

Tujuan utama menjalankan strategi pemasaran blog adalah membawa lalu lintas organik ke situs Anda. Semakin banyak orang berakhir di situs Anda, semakin tinggi jumlah calon pelanggan yang cenderung membeli produk atau layanan Anda.

Menjadi otoritas di niche Anda. 

Semakin baik konten yang Anda bagikan dengan orang-orang, semakin besar pengaruh yang akan dimiliki merek Anda. Dengan aktif blogging, merek Anda menjadi hidup, dan orang mulai membangun kepercayaan dalam merek Anda.

Jika lebih banyak orang melihat Anda sebagai otoritas di niche Anda, ada kemungkinan Anda akan melihat peningkatan penjualan. Dengan asumsi Anda memiliki ajakan bertindak yang kuat untuk meningkatkan rasio konversi dan menawarkan produk berkualitas.

Periklanan murah. 

Blog marketing yang relatif murah, yang harus anda lakukan adalah mencarikan seorang penulis yang akan secara teratur mempublikasikan tulisan di blog anda. Seringkali, karyawan di dalam perusahaan bisa menulis konten, atau bahkan pemiliknya sendiri bisa menginvestasikan waktu dalam pembuatan konten. Tidak masalah pendekatannya, bila dibandingkan dengan metode lain, ini adalah salah satu cara termurah untuk mengiklankan merek Anda.

Hasil jangka panjang. 

Menjalankan strategi pemasaran blog berarti Anda berada di sana untuk jangka panjang. Anda dapat mengharapkan beberapa hasil yang serius hanya bila blog Anda berusia minimal satu tahun dan memiliki konten yang cukup berguna . Tapi, begitu hasilnya mulai masuk, mereka menskalakan dengan baik, membuat kedua posting pertama dan terakhir Anda sama validnya.

Dasar yang bagus untuk saluran pemasaran online lainnya. 

Tidak peduli apa pendekatan pemasaran digital yang Anda rencanakan, Anda perlu membangun sebuah blog. Ini adalah fondasi yang diperlukan untuk pemasaran media sosial, pemasaran inbound, dan pemasaran email. Tanpa itu, hampir tidak mungkin untuk menciptakan pendekatan pemasaran yang mantap.

Meskipun manfaat ini signifikan, pemasaran blog juga membawa beberapa kontra di atas meja. Mari kita lihat apa itu.

Kontra dari blog marketing

Ada beberapa kelemahan untuk ngeblog. Jadi, sebelum memulai blog, pastikan Anda menyadarinya. Ini akan membantu Anda menciptakan rencana yang lebih baik yang akan memberi Anda hasil yang bagus:

Butuh waktu untuk membangun konten yang bagus. 

Investasi waktu adalah kerugian terbesar dalam menciptakan konten berkualitas tinggi. Anda perlu membuat rencana yang memungkinkan Anda menginvestasikan waktu di blog Anda. Seluruh prosesnya cukup menuntut tapi, bila dilakukan dengan benar, sangat bermanfaat.

Hasilnya akan datang secara bertahap. 

Manfaat dari blog berkualitas tinggi hanya dapat dilihat kemudian di jalan. Ini adalah alasan utama mengapa orang menjauh darinya. Resiko menyewa seorang penulis hanya untuk merasakan manfaatnya setelah setahun ngeblog adalah sesuatu yang tidak setiap orang mau ambil.

Anda harus konsisten. 

Memiliki blog yang tidak konsisten lebih buruk daripada tidak memiliki blog sama sekali. Ketidakkonsistenan ini akan diperhatikan oleh pelanggan dan mesin pencari, membawa citra buruk ke merek Anda.

Tips pemasaran blog

Anda harus membuat rencana suara sebelum memulai kampanye pemasaran blog Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk menentukan seberapa tinggi dampak yang akan dilakukan blog Anda terhadap bisnis Anda. Membuat blog website itu mudah , dalam istilah teknis. Tantangan sebenarnya muncul saat Anda mulai melihat jenis konten yang akan Anda ciptakan.

Mari kita lihat beberapa tips yang akan membuat Anda menuju ke arah yang benar.

Tentukan target pemirsa Anda. 

Untuk siapa anda menulis blog ini? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Ini akan membiarkan Anda memilih topik yang tepat untuk blog Anda, dan ini akan membantu Anda membangun gaya konten tertentu yang perlu Anda buat.

Menetapkan jadwal penerbitan. 

Sebelum mulai menulis, buat komitmen. Seberapa sering Anda berencana untuk menulis? Apakah akan seminggu sekali? Tiga kali seminggu? Setiap hari?

Tidak masalah seperti apa jadwal penerbitan yang Anda buat, pastikan Anda mematuhinya. Pertimbangkan berapa banyak waktu yang Anda miliki di tangan Anda dan buat jadwal penerbitan yang sesuai.

Pastikan untuk mempersiapkan 10-15 posting blog dan menggunakannya saat Anda mulai ketinggalan jadwal. Selalu pastikan untuk memiliki artikel cadangan dalam keadaan darurat; Ini akan membantu Anda tetap konsisten.

Buat konten yang penting. 

Apa artinya ini? Nah, Anda harus membuat konten yang audiens Anda akan berguna. Bagikan pengetahuan Anda dengan orang lain di industri ini. Konten berkualitas tinggi adalah satu-satunya cara untuk mengubah blog Anda menjadi sukses. Ini akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menciptakan konten semacam itu, namun hasil jangka panjangnya akan jauh lebih baik.

Cari tahu apa yang akan Anda tulis, taruh diri Anda di sepatu pelanggan Anda dan pertimbangkan jenis informasi apa yang akan mereka temukan berguna.

Gunakan media yang berbeda.

Perkaya konten Anda dengan konten video, gambar, dan audio. Berbagai orang menikmati mengkonsumsi konten secara berbeda. Berikan lebih banyak pilihan bagi pengunjung Anda, karena akan membawa hasil yang lebih baik. Selain itu, materi gambar dan video membawa potensi berbagi jauh lebih tinggi. Dengan demikian, pada saat Anda menyediakan statistik di konten Anda, pertimbangkan untuk menambahkan infografis; Itu akan menjangkau lebih tinggi orang.

Tahu tujuan Anda. 

Dari saat Anda mulai merencanakan strategi pemasaran blog Anda, mulailah mempertimbangkan apa yang ingin Anda capai dengan konten Anda. Apakah Anda menginginkan lalu lintas yang lebih tinggi? Apakah Anda ingin rasio konversi yang lebih baik? Apakah Anda ingin otoritas merek tinggi?

Berpikir tentang tujuan ini akan membantu Anda memilih arah konten Anda.

Buat rencana promosi. 

Tidak semua berakhir saat Anda mempublikasikan sebuah posting blog. Pikirkan strategi yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan konten Anda . Reach out untuk influencer dan membangun kehadiran media sosial. Ini adalah titik awal yang bagus untuk promosi blog Anda.

Lacak hasil, perbaiki dan ulangi . 

Setelah Anda mengambil semua langkah di atas, sekarang saatnya mengeluarkan halaman analytics dan melihat seberapa baik kinerja konten Anda. Lihat konten seperti apa yang paling banyak dilihat dan dibagikan. Menganalisis hasilnya dan menyempurnakan rencana Anda untuk kinerja yang lebih baik. Setelah itu, ulangi seluruh proses.

Kiat ini akan membantu Anda menciptakan strategi pemasaran blog yang tepat, yang akan memberi dampak signifikan pada masa depan bisnis Anda.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda tahu apa itu pemasaran blog dan bagaimana melakukannya, sekarang saatnya untuk mulai membuat rencana pemasaran blog. Jangan lupa bahwa kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Jadi, pastikan setiap konten blog Anda diteliti dengan baik dan memiliki nilai bagi pembaca. Hasilnya nanti akan datang saat blog anda menjadi sumber terpercaya.

Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar